Select Page

Cara Jitu Memenangkan Persaingan Pasar – Untuk sukses dalam usaha, mempunyai atau menciptakan produk saja tidaklah cukup. Kita tidak bisa bersantai, walaupun produk yang kita punya bagus. Usaha itu perlu kreativitas yang tak terbatas. Jika kita tidak bisa menjadi wirausahawan yang kreativ, bagaimana produk yang kita punya bisa laku dijual di pasaran. Untuk itu di bawah ini kursus digital marketing mau memberitahu beberapa cara jitu agar kita bisa menang dalam persaingan pasar.

Harus Original

Sebuah ide harus diciptakan oleh diri sendiri dan belum pernah ada yang menemukan. Okelah jika dulu kita hanya bisa meniru, tetapi setelah kita mendapat banyak pelajaran dari meniru, coba usahakan untuk menjadi yang asli. Setelah kita sudah menjadi diri sendiri yang tidak meniru siapapun, di sini kita telah memenangkan persaingan pasar.

Jadilah Konsumen Dari Produk Sendiri

Banyak produsen beranggapan dengan menjual produk mahal dan bermerk pasti akan banyak yang suka dan membelinya. Pemikiran seperti itu sebenarnya salah besar. Coba kita tanyakan pada diri sendiri apakah kita suka dengan produk yang kita jual ? Apakah kita membutuhkannya ? Nah, begitu juga dengan konsumen lain, mereka tentunya tidak melihat dari harga yang mahal dan bermerk saja, tetapi yang paling dibutuhkanlah yang akan konsumen beli.

Buat Produk Mengesankan

Terkadang apa yang kita lihat berbeda dengan apa yang orang lain lihat. Kita harus memastikan dari produk yang kita jual apakah akan menarik untuk calon konsumen atau tidak. Terkadang orang lain yang mau membeli produk tidak melihat dari merk, tetapi melihat dari tampilan produk. Untuk itu setiap kemasan pada produk yang kita punya harus kita desain semenarik mungkin, enak dilihat oleh kita maupun orang lain.

Namun, jangan asal menjual produk abal-abal, jika kemasan menarik, maka isinya pun harus menarik, supaya ketika pelanggan puas, mereka bisa merekomendasikan produk kita yang menarik ke calon konsumen lainnya.

Terus Berinovasi

Sebuah inovasi yang diciptakan oleh seseorang akan mengangkat dirinya jauh lebih baik daripada seorang yang plagiat. Jika kita menjadi orang yang suka berinovasi bukan tidak mungkin orang akan menjadi pengikut setia dan apa yang kita jual pasti mereka akan beli. Oleh karena itu, inovasi bisa mengubah sebuah keadaan yang hampa menjadi terisi.

Produk Harus Simple

Sebuah produk akan lebih baik jika fitur-fiturnya simple dan tidak merepotkan saat digunakan. Kebanyakan orang berpikir jika produk yang dijual banyak fiturnya pasti banyak yang berminat, ternyata itu salah besar. Kita bisa contoh smartphone tertipis di dunia, memang tertipis, tetapi memerlukan banyak fitur tambahan agar bisa menggunakan smartphone tersebut, batere yang sangat tipis membuat daya tahan smartphone tersebut sangat singkat, butuh powerbank yang dibawa kemana-mana.

Menjual Dengan Hati Bukan Kekerasan

Menjual produk penuh dengan kesabaran dan dari hati, maka hasilnya pun dijamin akan memuaskan. Namun, jika menjual dengan cara kekerasan hanya membuat capek hati, tenaga dan pikiran. Oleh karena itu lebih baik menjual produk dari hati yang tulus dan sabar.

Terkadang tanpa kita ketahui konsumen itu menilai apa yang kita perbuat kepadanya. Jika pelayanan kita memuaskannya, maka dia akan selalu mengingat bahwa pelayanan kita adalah yang terbaik. Selain itu mereka pun bisa merekomendasikan kepada orang lain agar jika membeli produk kepada kita saja.

Itulah beberapa cara jitu dalam memenangkan persaingan pasar. Namun, tidak kalah penting yang seharusnya kita lakukan selain hal-hal di atas adalah beraksi dan merespon. Oke, semoga apa yang kursus digital marketing sampaikan bermanfaat untuk kalian.